Yayasan Hasnur Centre

Selamat datang di Website Yayasan Hasnur Centre

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang infromasi yang disampaikan melalui website ini?
 Baik
 Cukup
 Kurang

Web Statistik

Total Total Kunjungan : 94314
Today Kunjungan Hari Ini : 25
Online Online User : 1
Update Last Update : 10-08-2018

Satria Multimedia

Muda Banua Laksanakan Aksi Bersih Masjid Di Wilayah Pendampingan

Masih dalam nuansa peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71 tahun sekaligus  peringatan ulang tahun Hasnur Group yang ke-50 tahun, Pemuda Bakti Banua (Muda Banua) salah satu program binaan Yayasan Hasnur Centre turut berpartisipasi dengan melaksanakan Aksi Bersih Masjid yang dilaksanakan di wilayah usaha Hasnur Group di Desa Antar Baru, Desa Antar Raya dan Desa Antar Jaya, Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala yang termasuk dalam wilayah PT Barito Putera Plantation salah satu perusahaan dibawah naungan Hasnur Group.

Bertempat di Masjid Al Muhajirin untuk Desa Antar Baru, Masjid Miftahul Jannah untuk Desa Antar Raya dan Desa Antar Jaya dilaksanakan di Masjid Nurussa’adah. Pembersihan tidak hanya dilakukan di dalam masjid saja, bagian seperti wc, tempat wudhu hingga halaman lingkungan masjid tidak lepas dari aksi bersih-bersih ini. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan tim pendamping Muda Banua saja,  namun juga melibatkan dari perwakilan perusahaan, masyarakat, relawan, karang taruna, hingga aparatur desa setempat.

“Kegiatan seperti ini sudah jarang dilakukan masyarakat, mudah-mudahan kegiatan seperti ini juga mampu mendorong karang taruna pada masing – masing desa untuk melanjutkannya dan melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya,” harap Dina, aparatur Desa Antar Baru.

Tak hanya aksi bersih masjid saja yang dilaksanakan, kegiatan pada hari itu dilanjutkan dengan lomba-lomba islami seperti adzan, tartil qur’an dan cerdas cermat. Desa Antar Raya dipilih menjadi tuan rumah dalam kegiatan tersebut dengan melibatkan puluhan peserta dari ketiga desa. Bertempat di Masjid Miftahul Jannah kegiatan tersebut dilaksanakan, para pesertapun dengan semangat mengikuti lomba yang dilaksanakan.

Raut senang dan bahagia terlihat di antara peserta salah satunya Alfin dari Desa Antar Jaya yang mengungkapkan kebahagiannya setelah mendapatkan juara satu lomba adzan. Ia bersama teman-temannya mewakili dari Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatullah Bakti Banua mengikuti salah satu lomba islami yang dilaksanakan oleh Muda Banua.

“Bahagia sekali bisa mendapat juara satu lomba adzan walaupun jauh-jauh dari Desa Antar Jaya, mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi,” harapnya.

Tak kalah semangat juga peserta dari TPA/MDA Islamiah, Desa Antar Baru yang menyapu bersih dalam kategori Tartil Qur’an Putri. Pada kategori ini, Rahmawati, Rahma Dewi dan Aulia mendapatkan peringkat satu hingga ketiga.

Terlihat pula banyak orang tua yang turut mendampingi dan menonton anaknya mengikuti lomba. Kegiatan seperti ini bagus untuk pengembangan anak-anak khususnya membangun rasa percaya diri, menang atau kalah yang penting berani untuk ikut ungkap salah satu orangtua.

Koordinator Muda Banua, Muhammad Didi Santoso menyampaikan kegiatan seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat sekitar terhadap kebersihan tempat ibadah yang ada di wilayah desa tersebut, dan besar pula harapan agar peserta didik Rumah Pintar Bakti Banua maupun Taman Pendidikan Al-Qur’an yang menjadi program pendampingan Muda Banua dapat terus berkembang dan menambah wawasan guna menciptakan generasi berkarakter islami.